MOTIVASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BAGI PENGGIAT UMKM DI DESA SIBABAT KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU
Kata Kunci:
Motivasi, Strategi, Pengembangan UMKMAbstrak
Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memiliki motivasi yang tinggi dan strategi yang sesuai dalam mengembangkan bisnis mereka. Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan UMKM sangatlah beragam. Salah satu tantangan yang nyata adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya inovasi dan kreativitas, serta kurangnya analisis terhadap peluang bisnis, bahkan terkadang meniru usaha yang sudah sukses. Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh tim PKM, banyak jenis UMKM yang sudah berkembang di Desa Sibabat, seperti keripik singkong, rujak, jamu, batu nisan, paving block, dodol, dan lain sebagainya. Meskipun mayoritas masyarakat desa sudah mulai menggali potensi melalui UMKM, namun pengembangan tersebut masih belum mencapai titik optimal dan masih memerlukan pendidikan dan pembinaan secara teratur. Oleh sebab itu, Tim PKM melakukan penyuluhan dengan memberikan pemahaman terkait motivasi dan strategi pengembangan UMKM bagi penggiat UMKM di Desa Sibabat, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu. Salah satu objektif kegiatan ini adalah menginspirasi serta meningkatkan semangat masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Desa Sibabat, untuk mengembangkan UMKM mereka. Semangat ini tidak hanya ditujukan kepada pelaku UMKM saja, tetapi juga untuk masyarakat lainnya seperti remaja putri dan ibu rumah tangga, agar mereka tertarik untuk memulai usaha sendiri dan menggali potensi yang mereka miliki.