SOSIALISASI PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT DI DESA TAMBAK

Penulis

  • Fitria Ningsih Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Said Afriaris Instirut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Arif Ramli Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Yenny Iskandar Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Roky Apriansyah Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Lisa Trisnawati Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Hermanto Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Abdul Hairudin Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Muhklas Adi Putra Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.34006/pkm.v7i1.258

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Aparatur Desa, Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait peningkatan kapasitas aparatur Desa dalam memberikan pelayanan public di Desa Tambak Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, sedangkan Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yaitu metode partisipatif, yang melibatkan keterlibatan aktif masyarakat dan perangkat desa. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan melalui ceramah, diskusi kelompok, untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola pelayanan publik yang sesuai dengan prinsip good governance.

       Di harapkan dengan sosialisasi ini Aparatur Desa Bisa memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat Desa tambak seperti transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas dalam pelayanan publik. perlu ditingkatkan dalam hal pengelolaan layanan administrasi yang belum sepenuhnya berbasis teknologi dan peningkatan fasilitas pendukung pelayanan.

      Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi desa-desa lain dalam mengimplementasikan good governance guna meningkatkan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10