PENINGKATAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI DENGAN MENGAPLIKASIKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA UMKM DI DESA JAPURA
DOI:
https://doi.org/10.34006/pkm.v3i1.320Kata Kunci:
Pendapatan, Digital Marketing, UMKMAbstrak
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan pemasaran melalui digital marketing
diramalkan akan menjadi titik perubahan teknikmemasarkan suatu produk barang dari
memasarkan secara konvensional beralih menggunakan pemasaran digital, bukan hanya pada
elemen pemasaran melainkan akan berimbas kepadaseluruh kegiatan bisnis secara keseluruhan
baik itu sebuah bisnis yang sudah berskala besar dan nasional maupun bisnis perorangan yang
mempunyai skala kecil. Desa Japura Kecamatan Lirik merupakan desa yang jumlah pelaku
usahanya cukup banyak, mulai dari usaha rumahan atau UMKM hingga usaha yang dibina
langsung oleh desa. Meski tergolong desa yang sudah cukup maju tapi mereka masih minim
literasi terkait digital marketing dalam meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini merupakan
program dalam peningkatan pendapatan masyarakat dengan cara melakukan pemasaran digital
atau atau marketing digital.