MANAJEMEN BIAYA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PEMULIHAN PEROLEHAN LABA UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.34006/pkm.v3i2.340Kata Kunci:
Manajemen Biaya, Strategi Pemasaran, UMKM, Covid-19Abstrak
Salah satu unsur penting penggerak roda perekonomian di Indonesia tidak terlepas dari
peran UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). UMKM dalam aktivitasnya merupakan
suatu kegiatan ekonomi masyarakat dalam upaya mencukupi kebutuhan hidupnya. Demi
menjaga keberlangsungan hidup UMKM maka diperlukan pendekatan usaha yang tepat
terutama di masa Pandemi COVID-19. UMKM mengalami dampak yang cukup
memprihatinkan dimana salah satu bidang usaha UMKM terdampak yaitu pada bidang
usaha fotografi, bahkan sebagian diantaranya terpaksa harus gulung tikar. Kegiatan
pengabdian ini memiliki tujuan untuk memberikan penguatan pemahaman terutama pada
kemampuan bertahan dan upaya pemulihan laba (melalui pemahaman manajemen biaya
dan strategi pemasaran UMKM) bagi pelaku UMKM dimasa pandemi Covid-19. Kegiatan
pengabdian masyarakat ini juga sebagai upaya untuk menjaga semangat berwirausaha dan
meningkatkan jiwa kewirausahaan yang tangguh. Pendekatan yang digunakan melalui
metode penyuluhan materi manajemen biaya dan strategi pemasaran secara praktis.