PERAN SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN OLEH OLEH KHAS DAERAH RUMAH KUE VIERA KOTA PEKANBARU

Potensi Oleh-oleh, Analisis SWOT, Wisatawan

Penulis

  • Wahyudi Zikri Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.34006/jpatin.v1i1.206

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada Analisis SWOT untuk strategi pengembangan UKM di wisata kuliner kota Pekanbaru (suatu studi pada rumah kue viera), di mana metode yang digunakan dirancang untuk memfasilitasi proses pengumpulan data hingga informasi yang ada cukup disempurnakan untuk digunakan dalam membuat interpretasi. Kota Pekanbaru merupakan sebuah destinasi yang memiliki banyak perspektif berbeda yang dipengaruhi oleh berbagai kondisi yang ada di daerah tersebut, mulai dari aspek astronomis, geografis, administratif, sosial, dan bahkan agama. Hal ini menyebabkan Kota Pekanbaru memiliki berbagai macam produk makanan dan minuman berdasarkan konsep kuliner yang tidak kalah dengan daerah-daerah sekitarnya. Karakteristik dari para pecinta makanan yang telah menekuni bisnisnya selama beberapa tahun ini membuat mereka semakin dikenal sebagai penjaja makanan yang berkualitas tinggi dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas oleh-oleh suatu daerah, khususnya yang ada di Pekanbaru. Oleh-oleh Kota Pekanbaru memiliki potensi untuk memperkuat dan memperluas industri pariwisata yang sudah ada, baik yang beroperasi secara diam-diam maupun tidak.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Zikri, W. (2024). PERAN SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN OLEH OLEH KHAS DAERAH RUMAH KUE VIERA KOTA PEKANBARU: Potensi Oleh-oleh, Analisis SWOT, Wisatawan. Journal The Power Of Agribusiness Technology And Innovation, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.34006/jpatin.v1i1.206