SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: THE RELATIONSHIP OF EWORD OF MOUTH WITH PURCHASE DECISION

Penulis

  • Akhmad Irwansyah Siregar Universitas Batanghari
  • Johni Paul Karolus Pasaribu Universitas Dinamika Bangsa
  • Albetris Albetris Universitas Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.34006/jmbi.v13i1.173

Kata Kunci:

E-WOM, Purchase Decision, Literacy

Abstrak

Penggunaan teknologi mempermudah pencarian dan perolehan informasi dengan mendigitalisasi literasi

word of mouth (WOM) dan meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk

menjawab pertanyaan penelitian, yaitu untuk mengetahui metode apa yang digunakan untuk

menganalisis peran e-WOM dalam pengambilan keputusan. Metode penelitian ini menggunakan

Systematic Literature Review, dengan mencari artikel jurnal dan prosiding yang diterbitkan dari tahun

2018 - 2023. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa metode analisis data yang banyak digunakan adalah

SEM dan regresi linier berganda. Temuan dari berbagai artikel jurnal menunjukkan bahwa variabel e

WOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Siregar, A. I. ., Pasaribu, J. P. K. ., & Albetris, A. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: THE RELATIONSHIP OF EWORD OF MOUTH WITH PURCHASE DECISION. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 13(1), 13–23. https://doi.org/10.34006/jmbi.v13i1.173